Program perubahan iklim : AFD dan Pemerintah Indonesia menandatangani kesepakatan pinjaman tahap ketiga

Pinjaman Program Perubahan Iklim tahap ketiga:
Agence Française de Développement (AFD)
dan Pemerintah Republik Indonesia akan menandatangani kesepakatan pinjaman
sebesar 300 Juta Dolar AS


Untuk mendukung implementasi “Policy Matrix” dalam rangka Climate Change Program di Indonesia, Agence Française de Développement (AFD) yang diwakili oleh Bapak Joël Daligault, Direktur AFD untuk Indonesia, dan Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Bapak Rahmat Waluyanto, Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Kementerian Keuangan Republik Indonesia, akan menandatangani perjanjian pinjaman sebesar 300 juta dolar AS pada tanggal 17 Juni 2010. Bapak Sébastien Surun, Chargé d’Affaires a.i. Perancis, akan ikut menandatangani bersama. Acara penandatanganan ini akan dilakukan jam 3 sore, di Kementerian Keuangan RI, Gedung AA Maramis 2 (Gedung Utama), Lantai 3 di Ruang Rapat Dirjen Pengelolaan Utang, Jln. Lapangan Banteng Timur 2-4, Jakarta Pusat.

JPEG

Pada tahun 2008 dan 2009, AFD telah memberikan pinjaman tahap pertama dan kedua sebesar 200 dan 300 juta dolar AS, dalam pendanaan bersama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA). JICA akan turut memberikan pinjaman sebesar 300 juta dollar untuk mendukung tahap ketiga ini, dan World Bank juga akan bergabung dengan CCPL mulai tahun ini, dengan kontribusi sebesar 200 juta dollar.

JPEG

Tujuan dari Pinjaman Program Perubahan Iklim (Climate Change Program Loan - CCPL) adalah untuk mendukung reformasi kebijakan yang sedang berjalan, demi menghadapi berbagai isu perubahan iklim, melalui sejumlah sasaran/kegiatan yang termaktub dalam kerangka tiga tahunan “Policy Matrix”, yang mencakup bidang mitigasi (kehutanan, energi), adaptasi (pertanian, air), dan isu-isu lintas sektoral. Pertemuan terakhir komite pengarah CCPL menyetujui hasil kegiatan tahun 2009 yang memuaskan dan telah memutuskan beberapa sasaran dan kegiatan untuk 2010.

_

Diterbitkan pada 24/06/2010

Kembali ke atas