RI - Perancis Berkomitmen untuk Terus Meningkatkan Upaya-upaya Perdamaian

Menlu RI telah melakukan pertemuan dengan Secretary of State for European Affair dari Perancis, H.E. Harlem Desir, disela-sela Pertemuan ASEAN-EU ke-21 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand.


JPEG
Pada pertemuan bilateral tersebut kedua Menteri selain mendiskusikan beberapa isu yang diangkat pada ASEAN-EU ke-21 juga membahas beberapa isu bilateral yang menjadi kepentingan kedua negara. Salah satunya adalah penguatan kerja sama dalam rangka menjaga perdamaian dunia.

Perancis menyampaikan apresiasinya terhadap peran aktif Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia, termasuk dalam persiapan pelaksanaan International Peace Conference yang digagas oelh Perancis.

Sebagai salah satu komitmen Indonesia di bidang misi perdamaian dunia, Indonesia akan hadir dalam High Level Ministerial Event on Peacekeeping in a Francophone Environment dari Perancis. Acara tersebut rencananya akan diadakan pada tanggal 26-27 Oktober 2016 di Paris, Perancis dan membahas mengenai Peacekeeping Missions serta kaitannya dengan pengembangan komunikasi berbahasa Perancis bagi personel PBB dan kontingen peacekeeping.

Indonesia dan Perancis memiliki mekanisme bilateral dalam bentuk Forum Konsultasi Bilateral (level Menteri), Indonesia – France Defense Dialogue, JWG on Higher Education, JWG on Tourism, dan JWG on Energy. Nilai perdagangan bilateral kedua negara adalah US$ 2,3 miliar pada 2015, adapun investasi Perancis di Indonesia pada 2015 mencapai US$ 131,6 juta dalam 197 proyek, dan jumlah wisatawan Perancis ke Indonesia mencapai 202.651 jiwa pada 2015.​

GIF
Sumber : Kemlu RI

Diterbitkan pada 17/10/2016

Kembali ke atas