Raksasa Angkutan Laut

CMA CGM adalah perusahaan angkutan peti kemas via laut peringkat tiga di dunia, yang berbasis di kota Marseille sejak didirikan pada tahun 1978. Grup raksasa ini merupakan perusahaan keluarga. Pada tahun 2013, ia mencatat kenaikan volume kegiatan lebih dari 7%.


JPEG Di pusat perekonomian dunia, 2400 orang karyawan dari berbagai kewarganegaraan bekerja di kantor pusat CMA CGM (Compagnie maritime d’affrètement-Compagnie générale maritime) yang menempati sebuah gedung berarsitektur futuristik, di kota Marseille. Meskipun kurang dikenal di kalangan masyarakat luas, grup perusahaan raksasa Perancis yang mengkhususkan diri di bidang ekspedisi laut ini, mempekerjakan 18 ribu pegawai di seluruh dunia dan pada tahun 2013 berhasil mencapai omset sekitar 16 milyar USD, dengan pertumbuhan mencapai 7,5%. Dengan armada sebanyak 428 kapal, CMA CGM mengangkut barang-barang niaga dengan peti kemas melalui seluruh perairan dunia. Kapal terbarunya, CMA CGE Jules Verne dapat mengangkut 160 ribu ton barang, setara dengan produksi tahunan sebuah pabrik mobil! Kapal terpanjang dalam armada perusahaan ini memiliki panjang 396 meter (bandingkan dengan tinggi Menara Eiffel yang mencapai 324 meter) dan luas yang setara dengan empat lapangan sepak bola…

Selama bertahun-tahun, perusahaan ini berkembang dengan menambah jumlah anak perusahaan dan melakukan akuisisi, seperti misalnya perusahaan inggris MacAndrews untuk mengembangkan pelayaran pantai di Eropa, Cheng Lie Navigation LTD, ANL, Comanav, US Lines… Dengan 170 jalur pelayaran, baik rute-rute utama maupun rute-rute sekunder, dengan lima pelabuhan transit utama (hub) di Malta, Tanger, Khor Fakkan, Port Kelang dan Kingston, saat ini CMA-CGM melayani lebih dari 400 pelabuhan persinggahan di lebih dari 150 negara, dan telah membuka 650 kantor perwakilannya.

Jacques Saadé, pendiri perusahaan tersebut pada tahun 1978, masih tetap berada di pucuk pimpinan dan ia merupakan pemimpin visioner dari sejak permulaan. Di tahun 1992, pelopor grup ini memutuskan untuk membuka kantornya di Cina. Kini CMA CGM memiliki 1800 karyawan di negeri tirai bambu. Grup ini merambah ke Afrika sejak tahun 2001 dan membeli perusahaan Delmas, tahun 2005. Perusahaan yang hadir di semua benua tersebut memiliki saham di sekitar tiga puluh terminal laut yang paling besar.

JPEG Raksasa yang dalam 35 tahun menjadi acuan dunia angkutan laut, tetap menjadi perusahaan keluarga yang tetap memelihara rasa kemanusiaan dalam berhubungan dengan para pelanggannya. Melalui kantor-kantornya, perwakilan perusahaan menawarkan solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, baik yang menyangkut angkutan laut maupun moda angkutan lainnya, mulai dari pabrik hingga gudang penyimpanan, melalui angkutan kereta api, sungai, maupun darat. Tawaran ekspedisi terpadu tersebut setiap bulannya menarik lebih dari 150 ribu pelanggan yang terdiri atas grup-grup industri, perusahaan raksasa di bidang distribusi, freight forwarder, dan juga sejumlah UKM. Meskipun kondisi ekonomi sedang suram, sektor peti kemas tetap menambah pangsa pasarnya. Memang ini merupakan mode angkutan yang fleksibel dan modular, yang didorong oleh perkembangan perdagangan internasional, yang terutama dipicu oleh pertumbuhan ekonomi di negara-negara kekuatan ekonomi baru.

Perusahaan memiliki aset lain, yakni kemampuan untuk membuat inovasi yang dapat menjawab tuntutan jaman, terutama di bidang ekologi. Diakui sebagai pelopor pengembangan peti kemas ramah lingkungan, grup ini mengubah kapal-kapalnya menjadi etalase teknologi. « Sejak tahun 2005, grup mengurangi emisi C02-nya sebanyak 40%, mendekati sasaran yang ditargetkan, yakni 50%, pada tahun 2015. Jules Verne mengeluarkan 36 gram CO2 per kilometer ! Bandingkan dengan mobil yang mengeluarkan 90 – 120 gram CO2 per kilometer! » Keamanannya dijamin oleh sistem manajemen navigasi yang diselenggarakan oleh fleet center, yakni menara pengawas yang memungkinkan kapal-kapal menerima informasi tentang cuaca secara real time, kapan saja.

Reputasi baik grup ini didukung oleh kegiatan perusahaan. Melalui operasi kemanusiaan yang diberi nama Conteneurs d’espoir atau Peti Kemas Harapan, 1200 ton bantuan yang diperuntukkan bagi program LSM Action Contre la Faim dan Médecins sans frontières dalam dua tahun dapat diangkut.

GIF
Sylvie Thomas

Beberapa angka :

. Beromset 16 milyar USD
. Armada dengan 428 kapal
. 18 ribu karyawan di seluruh dunia

Diterbitkan pada 23/06/2014

Kembali ke atas