Rangkaian Seminar Bapak François Burgat di Indonesia (Direktur Pusat Kajian Timur Dekat Perancis di Damaskus, Suriah)

Atas undangan Kedutaan Besar Perancis di Indonesia dan berkat kerja sama dengan sejumlah universitas di Indonesia, Profesor François Burgat dari Perancis akan memberikan serangkaian seminar di Indonesia, dari tanggal 6 s.d. 10 Juni 2011, bertemakan “Perubahan-perubahan aktual dan aspirasi demokrasi di Dunia Arab”.

Bapak François Burgat adalah Direktur Riset CNRS (Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Perancis), ahli ilmu politik dan pakar Dunia Arab. Sekarang beliau menjabat sebagai direktur Pusat Kajian Timur Dekat Perancis (IFPO – Institut Français du Proche Orient) di Damaskus, Suriah, sejak tahun 2008, setelah berkarir selama beberapa tahun di Pusat Penelitian dan Kajian Dunia Arab dan Islam (IREMAM) di Aix-en-Provence, Perancis. Bapak Burgat pernah menetap di Timur Tengah selama lebih dari 22 tahun, dalam rangka penelitiannya: dari tahun 1973 s.d. 1980 di Universitas Constantine, Aljazair; dari tahun 1983 s.d. 1993 di CEDEJ (Pusat Kajian dan Dokumentasi Ekonomi, Yuridis dan Sosial) Kairo, Mesir; dan dari tahun 1997 s.d. 2003 di Sanaa, Yaman, sebagai Direktur Pusat Arkeologi dan Ilmu Sosial Perancis (CEFAS). Topik penelitian yang dilakukannya di CNRS terkait ilmu politik di Dunia Arab kontemporer dan ideologi Islam.

Beliau pernah bekerja sebagai konsultan dan tampil sebagai pembicara dalam berbagai seminar di seluruh dunia, untuk lembaga-lembaga pendidikan tinggi, pusat-pusat penelitian, dan organisasi-organisasi internasional. Beliau juga menulis sejumlah buku seperti, “Islamic Movement in North Africa” (1987), “Face to face with Political Islam” (2002), “Islamism in the shadow of al-Qaeda” (2005)

Jadwal seminar Bapak François Burgat selama kunjungannya di Indonesia :

- 6 Juni 2011: Pusat Pendidikan dan Latihan Diplomat Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia,
Jakarta

- 7 Juni 2011: Universitas Paramadina Jakarta.

- 9 Juni 2011: Indonesian Consortium for Religious Studies (ICRS), Yogyakarta

- 10 Juni 2011 : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel, Surabaya


Studium Generale Bapak François BURGAT
“Islam di Dunia Arab : antara Agama, Identitas, dan Politik”

Selasa 7 Juni 2011 pukul 13.00 WIB
UNIVERSITAS PARAMADINA
Ruang Granada

Jl. Gatot Subroto Kav. 97
Mampang, Jakarta 12790

Diterbitkan pada 01/06/2011

Kembali ke atas