Satu angka, satu fakta tentang Perancis : 1

Perancis, Negara Tujuan Wisata Nomor Satu di Dunia

83 juta wisatawan, 7% PDB Perancis


Perancis merupakan negara tujuan wisata nomor satu dunia, yang dikunjungi 83 juta wisatawan mancanegara. Dengan demikian, Perancis tetap memimpin di peringkat pertama dunia, sementara sektor pariwisata, yang menghasilkan surplus dan dinamis, bertransformasi dengan cepat berkat dampak gabungan dari munculnya wisatawan baru dan penawaran wisata internasional yang semakin meluas.

Memang, sektor ini tengah mengalami perubahan berkat munculnya para pelanggan / wisatawan baru. Saat ini, peningkatan jumlah wisatawan mancanegara di Perancis didorong oleh para klien yang berasal dari Eropa dan Asia. Turis asal Jerman jumlahnya terbanyak di Perancis, melampaui jumlah wisman dari Inggris. Negara-negara yang terkena krisis ekonomi paling parah seperti Irlandia, Portugal dan Yunani pun menjalin hubungan kembali dengan tujuan wisata Perancis.

Sementara para wisatawan mancanegara dari Asia yang memilih Perancis sebagai tujuan liburannya didominasi oleh warga Cina (1,5 juta orang). Selain itu, jumlah wisman asal Brazil dan Rusia saat ini meningkat pesat.

Pariwisata memberikan pemasukan yang besar bagi perdagangan luar negeri Perancis. Sejak tahun 1999, sektor ini menjadi sektor pertama yang menghasilkan surplus neraca pembayaran. Belanja neraca pariwisata meningkat secara signifikan hingga mencapai sekitar 13 miliar euro di tahun 2012, sementara pada tahun 2011 hanya mencapai 7,5 miliar euro. Perpanjangan masa tinggal dan penambahan waktu menginap dapat meningkatkan pengeluaran wisatawan mancanegara di Perancis hingga mencapai 35,8 miliar euro.

Aset Wisata Perancis


Perancis ditandai dengan keragaman objek wisata (pantai, kota, desa, gunung) dan produk-produk yang ditawarkan (penginapan, kegiatan, kuliner). Hal ini memungkinkan berkembangnya berbagai sektor yang dinamis.

  • Dengan terjualnya 55 juta hari paket main ski, Perancis menjadi daerah tujuan utama ski di dunia.
  • Wisata bisnis juga merupakan sektor penting bagi Perancis, dengan penyelenggaraan 6081 kegiatan di tahun 2011.
  • Perancis memposisikan dirinya sebagai tujuan wisata budaya, dengan diselenggarakannya berbagai kegiatan budaya berskala internasional : Marseille Provence 2013, Lille3000, dan juga pembukaan sejumlah museum : Pompidou Metz, Louvre Lens, Fondation Maeght, Le Voyage à Nantes, dan pembukaan MUCEM di Marseille pada bulan Juni. Acara-acara besar tersebut benar-benar menjadi mesin penggerak bidang sosial-ekonomi, komunikasi, dan penataan wilayah. Memang terasa penting untuk menciptakan satu kebijakan efektif yang memungkinkan Perancis untuk mengadakan event yang penyelengaraannya digilir secara silih-berganti di seluruh dunia, mengembangkan event yang sudah ada dan menciptakan event baru, melalui penggabungan keahlian yang dimiliki Perancis di berbagai bidang. Komite France Evénement, didukung oleh Atout France, berupaya mengembangkan prioritas penawaran marketing untuk menarik minat mitra baru, mempelajari benchmark internasional, dan mengusulkan kriteria-kriteria pencantuman label pada acara-acara akbar.
  • Oenoturisme alias wisata anggur merupakan salah satu sektor yang paling dinamis. Terhitung 24 juta wisatawan mengunjungi daerah-daerah penghasil anggur di Perancis.


Daerah-daerah tujuan para turis seperti Paris, French Riviera, Mont Saint Michel merupakan etalase kekayaan, mutu dan keragaman wisata yang ditawarkan Perancis. Namun semakin banyak daerah tujuan wisata telah melakukan upaya nyata untuk membenahi penawaran mereka agar dapat memenuhi harapan para pengunjung mancanegara. Kini seluruh wilayah Perancis yang menjadi tujuan wisata.

Diterbitkan pada 18/10/2013

Kembali ke atas