Satu angka, satu fakta tentang Perancis : 1 [fr]

1 : Perancis Tujuan Mahasiswa Asing Nomor 1 di Dunia


Dua survey terbaru menegaskan reputasi internasional sistem pendidikan tinggi Perancis yang amat baik.

Pemeringkatan yang dilakukan oleh QS, lembaga survey Inggris, selama dua tahun berturut-turut menobatkan Paris sebagai ‘’tujuan terbaik bagi para mahasiswa dari seluruh dunia’’, atas dasar ‘’kinerja lembaga-lembaga pendidikan Paris dan kemampuan lulusannya untuk mendapatkan pekerjaan’’.

Di samping itu, menurut angket TNS-Sofres Campus France, 9 dari 10 mahasiswa asing merekomendasikan Perancis dan merasa puas dengan masa perkuliahan mereka di sana. http://www.topuniversities.com/city-rankings/2013

JPEG
Paris,’’kota pelajar terbaik di dunia’’ menurut lembaga survey Inggris QS (Quacquarelli Symonds Ltd)

Paris berada di urutan pertama, diikuti London, Singapura, Sydney dan Melbourne.

Pemeringkatan tahunan ini sasarannya kota-kota universitas berpenduduk lebih dari 250 ribu orang, yang memiliki sedikitnya dua perguruan tinggi. Bagi QS, lulusan perguruan tinggi Paris memiliki prospek yang sangat cerah di lapangan kerja, baik di Perancis maupun di luar negeri. Kota tersebut juga menawarkan mutu kehidupan yang tinggi dan biaya pendidikan yang terjangkau.

GIF
9 dari 10 mahasiswa asing merekomendasikan Perancis, menurut angket TNS-SOFRES

Perancis merupakan pilihan pertama bagi 77% orang yang disurvey. Mutu pendidikan (menurut 51% subyek angket), modal awal penguasaan bahasa Perancis (42%) dan reputasi perguruan tinggi (37%) merupakan tiga faktor utama yang menjadi bahan pertimbangan mahasiswa asing.

Seusai masa tinggal mereka, 90% mahasiswa yang saat ini berada di Perancis atau yang sudah menyelesaikan masa pendidikan mereka menyatakan puas atau sangat puas. Nilai ijazah dan minat wisata memberi kepuasan tertinggi (88 dan 90%). Hiburan dan rekreasi (85%), seni hidup ala Perancis (81%) dan metode pengajaran (80%) sesuai dengan harapan para mahasiswa dan para lulusan. Sebanyak 94% mahasiswa yang sudah menyelesaikan pendidikannya menganggap kehidupan mereka di Perancis memperkaya pengalaman pribadi mereka, 86% menegaskan bahwa hal tersebut turut menambah nilai pendidikan mereka di universitas. Delapan dari sepuluh orang mahasiswa menyatakan bahwa semua itu berguna dalam kegiatan profesional mereka.

GIF
Daya tarik Perancis memberi kontribusi bagi pengembangan frankofoni

Sebanyak 68% mahasiswa yang berasal dari negara-negara non-frankofon mempelajari bahasa Perancis sebelum mereka datang ke Perancis dan memanfaatkan sebagian besar masa tinggal mereka untuk menyempurnakan kemampuan berbahasa mereka. 91% di antaranya menyatakan berhasil mencapai tingkat penguasaan bahasa Perancis yang ‘lumayan’ atau baik.

Setelah meraih ijazah, 70% lulusan yang ditanyai tetap memelihara hubungan mereka dengan Perancis dan 24% bergabung dalam klub-klub Perancis atau jaringan lulusan Perancis.

Jaringan Budaya Perancis memegang peranan penting dalam pencapaian ini. 44% mahasiswa mendatangi Campus France, pusat-pusat pendampingan mahasiswa yang berada di bawah Kedutaan Besar Perancis di luar negeri.

GIF
Kebijakan-kebijakan baru yang mendorong penerimaan mahasiswa dari luar negeri
Sejumlah kebijakan baru dibuat guna mendukung penerimaan mahasiswa asing di Perancis : penyebaran loket-loket pelayanan terpadu di kampus-kampus, pengembangan izin tinggal dengan masa berlaku beberapa tahun guna menyederhanakan prosedur pengurusannya di kantor-kantor pemerintah daerah Perancis, perpanjangan masa tinggal untuk mencari pekerjaan, komitmen menyediakan 45 ribu tempat tinggal tambahan bagi para mahasiswa dalam 5 tahun ke depan.

Sebuah portal khusus bagi mahasiswa yang berkuliah di Perancis akan dapat diakses pada tahun 2014, atas permohonan Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pendidikan Tinggi dan Penelitian. Portal yang dibuat oleh Campus France tersebut memungkinkan terjalinnya hubungan di antara mereka, di sekitar kedutaan-kedutaan, perguruan-perguruan tinggi, serta para mitra lainnya (perusahaan, pemerintah daerah, dan sejumlah lembaga).
_

Diterbitkan pada 16/12/2013

Kembali ke atas