Satu angka, satu fakta tentang Perancis : 1 [fr]

Perancis, negara adidaya nomor satu di bidang pertanian di Eropa


Pertanian Perancis di Uni Eropa

Produksi pertanian Perancis, dengan harga dasar senilai 70,4 miliar € di tahun 2011, menduduki peringkat pertama di Eropa.

Perancis mempertahankan prestasinya sebagai negara pertanian terkuat di Eropa, dengan menyumbang 18,1 % dari total produksi pertanian UE. Produksi Perancis ini mengungguli Jerman (13,4%), Italia (12,3%), dan Spanyol (10,6%). Perancis menempati urutan pertama dalam produksi sapi, unggas, sereal, gula bit, minyak nabati, dan kentang.

Sektor ini mewakili 5,6% lapangan kerja Perancis di tahun 2012, dengan 1,42 juta orang pekerja di bidang pertanian, perikanan dan industri agribisnis.

JPEG
Kekuatan Pertanian Kelas Dunia

- Neraca perdagangan

Pada tahun 2012, surplus perdagangan produk pangan Perancis mencapai 11,9 miliar €. Terjadi kenaikan 75 juta € dibanding tahun 2011. Produk pangan (mentah dan olahan) merupakan sektor nomor dua yang menyumbang surplus perdagangan Perancis, di belakang alat angkutan (15,6 miliar €).

- Ekspor

Nilai ekspor produk pangan mencapai 57,6 miliar €. Penjualan minuman anggur dan sampanye meningkat 635 juta € (9%), dengan peningkatan baik dari segi volume maupun harga jual. Permintaan tinggi datang dari Amerika Serikat dan Inggris.

Penjualan minuman beralkohol naik 445 juta €, didongkrak oleh penjualan Cognac. Harga-harganya mengalami kenaikan. Penjualan gula, produk susu, pakan ternak, dan makanan siap saji juga mengalami peningkatan.

- Impor

Di tahun 2012, impor produk pangan mencapai 45,7 miliar €. Sektor ini mengalami kenaikan sebesar 1,3 miliar € (+ 3,0%), 1,1 miliar euro berasal dari produk olahan, dan 210 juta € dari produk mentah pertanian. Belanja buah dan sayuran mengalami pertumbuhan. Impor daging dan jeroan meningkat 261 juta €, demikian pula impor kepiting (+ 260 juta €), akibat kenaikan harga.

GIF
Sektor yang ramah lingkungan

Undang-undang pertanian terbaru menegaskan dasar-dasar baru bagi pertanian yang dapat menjawab harapan-harapan baru masyarakat, terutama di bidang pelestarian lingkungan dan penataan ruang pedesaan yang selaras. Reformasi Kebijakan pertanian bersama di UE juga telah meningkatkan standard yang dituntut untuk menjaga kelestarian lingkungan, dengan memberlakukan sistem persyaratan dalam pemberian bantuan kepada para petani, agar aspek kelestarian lingkungan diperhatikan dalam kegiatan pertanian guna meningkatkan mutu lingkungan hidup.

Diterbitkan pada 28/01/2014

Kembali ke atas