Satu angka, satu fakta tentang Perancis : 16.886 [fr]

16.886 : jumlah paten yang diajukan, mendudukkan Perancis di Peringkat ke-2 Eropa


GIF

Pemeringkatan Internasional 2011


Perancis menduduki peringkat kedua di Eropa atau peringkat keenam di dunia, untuk jumlah paten yang diajukan, dengan 7664 paten internasional pada tahun 2011. (Inpi 2011)

Peningkatan Permohonan Paten di Perancis pada Tahun 2013


Institut Hak Kekayaan Industrial Nasional Perancis (Inpi) mencatat adanya peningkatan sebesar 1,5%, dengan 16.886 permohonan, dibanding pada tahun 2012. 82% permohonan tersebut diajukan secara daring. Pemeringkatan ini menghitung banyaknya paten yang dikeluarkan, artinya yang diajukan antara 1 Juli 2011 hingga 30 Juni 2012, karena sesuai dengan ketentuan hukum, harus menunggu 18 bulan sebelum dapat diterbitkan.

Sejumlah faktor yang mendukung keberhasilan ini :


- Kedinamisan perusahaan Perancis, yang semakin mengintegrasikan hak kekayaan industrial dalam strategi pengembangan usaha mereka, « Meskipun terjadi krisis ekonomi, grup-grup perusahaan besar yang mengajukan paten tetap teguh berkomitmen terhadap hak kekayaan industrial. Inovasi tetap menjadi perangkat penting untuk mendongkrak pertumbuhan, dalam strategi pengembangan dan penaklukkan pasar, » demikian kata Yves Lapierre, Direktur Jenderal Inpi.

- Dukungan strategi kebijakan yang pro-inovasi: Sejak tahun 2012, Pemerintah Perancis melaksanakan kebijakan yang pro-inovasi dalam rangka kesepakatan untuk mengembangkan daya saing, pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja. « Babak Baru bagi Inovasi » yang dicanangkan pada tahun 2013, menetapkan ambisi global, yaitu menjadikan Perancis sebagai negeri inovasi melalui 4 poros strategi :

  • Inovasi oleh semua : mengerahkan segala bentuk inovasi, semua bakat yang ada di masyarakat Perancis, dengan menekan kendala-kendala budaya dan mendukung kesamaan dalam, mendorong inisiatif, kreativitas, kerja proyek, minat terhadap industri dan kewiraswastaan, dalam setiap tingkatan pendidikan dan di masyarakat.
  • Inovasi terbuka : mendukung dinamika ekosistem, transfer pengetahuan dan teknologi antara penelitian dan perusahaan, serta pertemuan antara grup-grup perusahaan besar dan UKM di Perancis.
  • Inovasi untuk pertumbuhan : merangsang dinamika perusahaan-perusahaan inovatif dan menyediakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan mereka agar menjadi perusahaan-perusahaan yang unggul di masa mendatang.
  • Inovasi kebijakan : menerapkan kebijakan publik yang pro-inovasi, terkoordinasi, konsisten dan efektif, serta membuka kebijakan-kebijakan publik bagi inovasi, demi kepentingan masyarakat.


- Keinginan untuk Melakukan Harmonisasi di Tingkat Eropa
Di tahun 2014, Perancis merupakan salah satu negara pertama yang meratifikasi kesepakatan yurisdiksi terpadu, sebagai kelengkapan dari pelaksanaan program paten terpadu Eropa. Kebijakan pro - inovasi ini melewati kerangka nasional dan merupakan bagian dari kerangka Eropa yang lebih luas.
Paten terpadu Eropa merupakan elemen nyata reorientasi Uni Eropa menuju pertumbuhan ekonomi dan perluasan lapangan kerja. Merupakan komponen Pakta Eropa bagi Pertumbuhan dan Lapangan Kerja yang dipromosikan oleh Presiden Republik Perancis dan telah disetujui pada sidang Dewan Eropa bulan Juni 2012.

- Lembaga pemerintah yang efektif :

  • France Brevets, dana investasi pemerintah dan pemberdayaan paten yang berdiri pada tahun 2011 (dengan dana sebesar 100 juta Euro yang berasal dari Caisse des Dépôts dan Pemerintah Perancis, dalam kerangka Program Investasi Masa Depan), memainkan peranan dalam konteks yang ditandai dengan berdirinya Dana Paten di berbagai negara Asia (Intellectual Discovery di Korea, Industrial Technology Research Institute di Taiwan, Innovation Network Corporation of Japan di Jepang).
  • INPI yang selain mengeluarkan hak paten, merek, gambar dan model-model juga menerima para pihak yang inovatif, mendampingi dan memberikan informasi kepada mereka, sambil berpartisipasi aktif pada penyusunan dan pelaksanaan kebijakan publik di bidang hak kekayaan industrial dan perang melawan pemalsuan.


- Contoh kebijakan-kebijakan nyata yang mendukung inovasi:

  • Kebijakan fiskal : Pengembangan perangkat kebijakan perpajakan bagi perusahaan-perusahaan inovatif baru, agar dana yang dikeluarkan perusahaan untuk pengembangan inovasi diperhitungkan sebagai faktor pengurangan pajak, peluncuran kredit pajak ;
  • reformasi klaster-klaster unggulan : strategi yang diambil Perancis untuk mempromosikan inovasi dan penciptaan lapangan kerja, dukungan terhadap dinamika wilayah yang otonom, visi strategis bagi setiap sektor industri, koordinasi dengan seluruh pelaku inovasi ;
  • Investasi : pengembangan program investasi masa depan senilai lebih dari dua milyar €, terutama untuk mendukung inovasi (di bidang digital, kesehatan dan investasi-modal) ; pengumuman program investasi masa depan tahap kedua sebesar 12 milyar €, yang salah satu prioritasnya adalah untuk mendukung segala bentuk inovasi.

Sektor Otomotif Tetap Menjadi Industri Yang Terbanyak Mengajukan Paten


Peningkatan paling pesat dialami oleh grup Renault. Jumlah patennya naik dari 341 menjadi 543 (peningkatan 59,2%) sehingga posisinya naik, dari peringkat 8 ke peringkat 4. Schneider Electric juga mencatat kenaikan pesat dari 105 permohonan paten yang dikabulkan pada tahun 2012 menjadi 160 paten di tahun 2013 (52,4%) sehingga peringkatnya juga naik dari peringkat 20 ke peringkat 16 dalam klasemen ini. Perusahaan lain yang pada tahun 2013 masuk ke dalam Top 20 adalah Alstom, di peringkat ke 19 (dengan 105 permohonan).

Otomotif tetap menjadi sektor yang mengajukan paten terbanyak, diikuti oleh sektor-sektor industri utama lainnya, yakni kosmetika, kedirgantaraan, telekomunikasi, elektronik, kimia dan energi.

Lembaga penelitian selalu berada di 20 peringkat teratas : Komisariat Energi Atom dan Energi Alternatif di peringkat ke-3 (625 permohonan paten) CNRS di peringkat ke-7 (408 permohonan), IFP Energies Nouvelles di peringkat ke-13 (188 permohonan).

Tiga peringkat pertama diduduki oleh grup yang sama seperti tahun lalu, hanya urutannya saja yang mengalami perubahan. PSA Peugeot Citroën tetap memimpin dengan 1378 pengajuan paten di tahun 2013 (1348 di tahun 2012). Grup Safran dan Komisariat Energi Atom dan Energi Aletrnatif bertukar peringkat. Grup Safran kini berada di peringkat kedua, berkat peningkatan pengajuan paten, dari 556 di tahun 2012 menjadi 645 di tahun berikutnya. Komisariat Energi Atom dan Energi Alternatif duduk di peringkat ketiga dengan 625 pengajuan (566 pengajuan di tahun 2012).

Informasi lebih lanjut (bahasa Perancis) : www.inpi.fr

Diterbitkan pada 08/01/2015

Kembali ke atas