Sekolah Bisnis Perancis, Sekolah Unggulan di Eropa [fr]

Sekolah-sekolah bisnis Perancis, sekali lagi masuk dalam jajaran sekolah bisnis terbaik di Eropa, berdasarkan peringkat yang dibuat jurnal bisnis Inggris yang amat berpengaruh, “Financial Times”, terbitan 5 Desember 2011.

JPEG Peringkat pertama diduduki oleh Sekolah Tinggi Bisnis Paris (HEC Paris) yang bergengsi, yang menduduki puncak peringkat selama enam tahun berturut-turut. Ini membuktikan mutu pengajaran yang berkelanjutan, struktur kelembagaan yang stabil, dan program pendidikan yang efektif. HEC Paris juga diakui sebagai sekolah bisnis terbaik di dunia, berdasarkan pemeringkatan sekolah terbaik tingkat dunia tahun 2011, yang juga dibuat oleh “Financial Times”.

Institut Administrasi Bisnis Eropa (Insead) berada di peringkat kedua, mengungguli London Business School, Sekolah Bisnis Barcelona, IMD Lausanne, dan Sekolah Bisnis IE Madrid. Selain itu, tiga sekolah Perancis terkemuka lainnya, masuk dalam kategori 20 sekolah terbaik, yakni : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Perdagangan (Essec), Sekolah Tinggi Bisnis Paris (ESCP Europe), dan Sekolah Managemen Lyon (EM). Sepuluh sekolah Bisnis Perancis lainnya kemudian masuk dalam 70 sekolah terbaik Eropa.

Dalam menyusun pemeringkatan tersebut, “Financial Times” menggunakan empat kategori yang pernah diterbitkannya sebelumnya, yakni kategori program MBA terbaik, program pendidikan berkelanjutan terbaik, program eksekutif MBA terbaik, dan program Eksekutif Magister Managemen terbaik. Kriteria lainnya, seperti jumlah staf pengajar wanita, jumlah mahasiswa asing atau jumlah dosen yang sudah menyandang gelar doktor juga diperhitungkan.

Banyaknya kriteria penilaian yang dipakai membuat kita dapat menghargai mutu sekolah bisnis Perancis, dan mengakui keunggulan-keunggulannya. Selain itu, sebagian besar sekolah-sekolah tersebut mengalami kenaikan peringkat selama beberapa tahun terakhir ini. Sebagai contoh, Essec naik dari peringkat 14 ke peringkat 10 hanya dalam kurun waktu setahun, atau Euromed Management yang meraih 13 peringkat di banding pemeringkatan tahun 2009. Jadi, peningkatan mutu pengajaran merupakan komitmen utama yang diperhatikan oleh sekolah-sekolah bisnis Perancis.

Menurut studi yang dilakukan majalah Perancis “Le Point” pada tahun 2011, sekolah-sekolah bisnis Perancis semakin melirik mahasiswa asing. Jumlah mahasiswa dari luar Perancis yang meneruskan studi mereka di HEC mencapai 20%, di EM Lyon dan ESSEC 15 %, di Euromed management hampir 30 %, dan di ESCP Europe lebih dari 40 %. Sementara itu, persentase rata-rata lulusannya yang bekerja di luar negeri mencapai 30 %. Di sebagian besar sekolah tersebut, sedikitnya 25% dosen mendapatkan gelar doktor mereka di luar negeri. Dalam kurikulum sekolah-sekolah tersebut dimasukkan program belajar selama satu tahun atau satu semester di luar Perancis. Hal ini diwujudkan dengan dijalinnya kemitraan dengan sekolah-sekolah bisnis dan universitas-universitas lain di dunia.

Persaingan antara sekolah-sekolah bisnis Perancis dan universitas-universitas dunia lainnya merupakan tantangan yang sesungguhnya. Oleh karena itu, HEC, Insead dan sekolah-sekolah Essec lainnya bertekad bulat untuk menjawab tantangan tersebut, dengan meningkatkan mutu kepemimpinan mereka, dari tingkat Eropa ke tingkat dunia, dengan menyelenggarakan program studi bagi para elit ekonomi, para manajer dan para pengusaha masa depan.

Barbara Joannon

Situs Internet :

http://www.ft.com/intl/cms/465b6ef0-70de-11e0-9b1d-00144feabdc0.pdf
http://www.lepoint.fr/palmares/grandes-ecoles/international.php

Diterbitkan pada 15/03/2012

Kembali ke atas