Sektor-Sektor Ekonomi Unggulan : Aset Berharga bagi Perancis

Dengan PDB 2033,7 milyar euro, Perancis menempati posisi ke-5 pada skala ekonomi global dan posisi ke-2 di Eropa. Posisi tersebut didukung kinerja beberapa sektor kegiatan yang merupakan simbol pengaruh Perancis di luar negeri. Menurut majalah Fortune yang membuat peringkat perusahaan berdasarkan besarnya omzet mereka, 32 perusahaan Perancis masuk dalam 500 perusahaan terbesar di tahun 2012.

JPEG Di Perancis, beberapa sektor ekonomi meraih prestasi menonjol dan diperkirakan akan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi tahun 2013. Dalam hal ini, angka yang diraih industri kedirgantaraan dan antariksa amat luar biasa.

Kesepakatan yang dicapai baru-baru ini oleh Arianespace dan Pemerintah Australia untuk peluncuran dua satelit, sekali lagi menjadi bukti kehandalan Perancis di bidang persatelitan.

Dalam industri pesawat terbang, Airbus memantapkan dirinya sebagai pelaku utama, dengan kesuksesannya menyerahkan 588 pesawat kepada 89 pelanggan dan membukukan 833 penjualan pada tahun 2012. Hasil-hasil yang diraih tersebut memungkinkan perusahaan ini meneruskan kebijakan perekrutan karyawannya, dengan membuka 5000 lapangan kerja, yang sebagian berada di Perancis.

Namun sektor tersebut juga melibatkan para pelaku industri skala menengah. Perusahaan Zodiac mengkhususkan diri dalam penyediaan peralatan pesawat. Safran memproduksi sejumlah peralatan, terutama untuk Airbus, dan juga untuk Boeing, Bombardier, Embraer, Sukhoï, dll. Grup perusahaan tersebut berhasil meraih rekor penjualan mesin pesawat dan helikopter. Secara keseluruhan, besarnya sektor industri ini memungkinkan tercapainya surplus perdagangan sebesar 20,3 milyar euro pada tahun 2012.

Citra Bergengsi di Luar Negeri

Perancis juga terkenal di seluruh dunia berkat aset-asetnya di bidang agribisnis. Sebagai negeri seni kuliner dan pameran pertanian internasional, di bidang ini Perancis mencatat angka penjualan yang terus meningkat, dengan surplus perdagangan 11,5 milyar euro. Di sektor industri susu, Lactalis dan Danone menduduki posisi ke-2 dan ke-3 di dunia. Di bidang industri minuman beralkohol (spirits), Pernod Ricard menduduki peringkat kedua perusahaan terbesar di dunia. Bahkan Koperasi Triskalia dari daerah Bretagne spesialis ternak unggas, masuk dalam peringkat “Deloitte Technology Fast 50”, sebuah ajang yang diciptakan dan diselenggarakan oleh kantor Deloitte, salah satu kantor audit dan konsultan kelas dunia.

Di bidang pertanian, Perancis memecahkan rekor ekspor benih dan tanaman di tahun 2012, dengan nilai total 1,2 milyar euro, menurut data yang dikeluarkan oleh Grup Interprofesional Benih dan Tanaman Nasional Perancis.

Pasar barang-barang mewah Perancis pun menantang krisis. Pada tahun 2012, untuk ketiga kalinya selama tiga tahun secara berturut-turut angka pertumbuhan industri ini mencapai dua digit. Perusahaan-perusahaan Perancis, seperti peringkat satu dunia LVMH atau Rémy Cointreau, mendominasi pasar internasional dan mengandalkan pasar di Asia. Lebih dari 12% pemasukan perusahaan-perusahaan barang mewah Perancis berasal dari Cina. Di tahun 2020, pasar ini akan menjadi nomor satu di dunia, mengungguli Amerika Serikat maupun Jepang. Di Perancis, pasar produk mewah kini mempekerjakan 100 ribu orang karyawan.

Kesehatan dan Teknologi : Sektor yang Menjanjikan

JPEG Perancis juga menonjol di bidang kesehatan, terutama dengan keberadaan Sanofi, salah satu laboratorium farmasi terbesar di dunia. Menurut data dari Federasi Leem, industri obat-obatan membukukan omset 49,52 milyar euro dan surplus perdagangan 5,34 milyar euro. Secara keseluruhan, pasar obat-obatan Perancis meraih porsi 4,8% di pasar global. Dan sektor tersebut diperkirakan akan terus tumbuh di tahun-tahun mendatang. Kemajuan teknologi kedokteran dan pengembangan teknologi nano diharapkan akan dapat menjadi motor penggerak “revolusi industri berikutnya”.

Dalam sektor inilah, perusahaan Medtech telah unjuk gigi di tahun 2012. Pemimpin perusahaan tersebut, Bertin Nahum, terpilih sebagai peringkat ke-4 pengusaha paling revolusioner oleh majalah Kanada “Discovery Series”. Perusahaan tersebut mendesain, mengembangkan, dan memasarkan generasi baru teknologi bantu prosedur bedah kedokteran.

Sektor teknologi mutakhir juga penting. Di bulan Desember lalu, CAC 40, indeks bursa utama Paris, menyambut penawaran saham perdana Gemalto. Perusahaan yang menjadi leader di bidang keamanan digital ini berhasil memecahkan rekor dengan omset sebesar 2,2 milyar euro pada tahun 2012. Perusahaan tersebut beroperasi di sekitar seratus negara dan mempekerjakan lebih dari 10 ribu karyawan, 1500 di antaranya adalah insinyur di bidang riset dan pengembangan. Menurut kementerian ekonomi Perancis, sektor teknologi ini berpotensi tinggi dan bakal merekrut banyak karyawan baru : diperkirakan akan tercipta 450 ribu lapangan kerja di bidang ini hingga tahun 2015.

Barbara Leblanc

Diterbitkan pada 15/05/2013

Kembali ke atas