Seminar Internasional ASEAN –Pemerintahan Regional – Dili, 11 Desember

Seminar yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Asia Tenggara (IRASEC) dan Universitas Nasional Timor Lorosae (UNTL) ini didukung oleh Delegasi Regional Kerjasama ASEAN (DREG) Kedutaan Besar Prancis untuk Indonesia dan Timor Leste, Uni Eropa, dan Bank Dunia. Dan atas dorongan Sekretariat Negara untuk ASEAN Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Timor Leste, seminar ini menjadi kesempatan untuk menyambut kehadiran para cendekiawan, tokoh politik, dan ekonomi internasional di Dili.

JPEG
Direktur IRASEC, François Robinne, mengucapkan terimakasih kepada Timor Leste yang telah menjadi tuan rumah konferensi, dan menyatakan keinginannya untuk melanjutkan kerjasama dengan negara ini. IRASEC yang melakukan studi regional dan transnasional itu akan menerbitkan buku monografi tentang Timor Leste pada tahun 2014.

Dihadiri oleh José Ramos Horta, sebagai perwakilan dari Sekretariat Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa sekaligus mantan Presiden Timor Leste dari tahun 2007 hingga 2012, presentasi dan diskusi dilaksanakan secaraberturut-turut, membahas tentang tantangan politik keamanan dan sosial ekonomi regional, migrasi tenaga kerja, korupsi dan isu-isu sosial budaya, yang terkait dengan pendidikan, pariwisata, dan pemerintahan teritorial.

JPEG
Penyelenggaraan konferensi di Timor Leste, sebagai negara calon anggota ASEAN sejak tahun 2011, memungkinkan pemetaan ketiga topik tersebut (migrasi,korupsi, sosial-budaya) secara tepat.

Diterbitkan pada 19/12/2013

Kembali ke atas