Seminar persiapan keberangkatan calon mahasiswa Indonesia ke Perancis

JPEG
Pada tanggal 4 Agustus 2008, Bagian Kerjasama dan Kebudayaan Kedutaan Besar Perancis di Indonesia, Pusat Kebudayaan Perancis (CCF) Jakarta dan CampusFrance Indonesia menyelenggarakan sebuah seminar bagi calon mahasiswa Indonesia yang akan berangkat ke Perancis untuk tahun ajaran 2008-2009.

Bapak Philippe Zeller, Duta Besar Perancis untuk Indonesia yang baru, secara resmi membuka seminar. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih bagi calon mahasiswa yang memilih untuk mempelajari bahasa Perancis dan melanjutkan pendidikan tinggi di sana. Beliau berharap para peserta dapat lebih mengenal realita politik, ekonomi dan sosial Perancis pada masa kepemimpinannya di Uni Eropa. Setelah itu, Bapak Dominique Dubois, Atase Kerjasama Ilmiah dan Teknik Kedutaan Besar Perancis, menyampaikan beberapa saran yang menjadi benang merah seminar : ”Selalu proaktif !”, ”Bergaullah dengan warga Perancis” dan ”Jadilah duta yang baik bagi negara Anda”.

Sepanjang hari, sekitar 60 calon mahasiswa mendapat berbagai materi dan berdiskusi dengan para pembicara. Hal-hal yang disampaikan antara lain adalah saran agar berhasil dalam studi, persiapan menjelang keberangkatan, cara mengurus persyaratan administratif dan cara beradaptasi dengan kehidupan di Perancis. Kisah pengalaman para mahasiswa yang pernah belajar di Perancis sangat diminati ; cerita mereka yang menarik dan lucu membuat peserta menjadi bersemangat dan lebih tenang menghadapi keberangkatannya.

JPEG
Seminar diakhiri dengan acara ramah tamah yang disebut ”pot de l’amitié”. Di acara ini para calon mahasiswa memiliki kesempatan untuk saling bertukar kesan. Semua peserta, baik yang memperoleh beasiswa maupun yang berangkat dengan biaya sendiri, dari tingkat sarjana sampai tingkat doktor, mendapat jawaban atas semua pertanyaan mereka ! Sepulang dari gedung Pusat Kebudayaan Perancis, semua peserta merasa bersemangat dan tidak sabar lagi menanti hari keberangkatan mereka.

Diterbitkan pada 03/03/2010

Kembali ke atas