Situasi Bapak Serge Atlaoui (18 Februari 2015) [fr]


Pernyataan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri dan Pembangunan Internasional

Bapak Laurent Fabius hari ini memanggil Duta Besar Republik Indonesia di Perancis, YM Bapak Hotmangadjara Pandjaitan, untuk menyatakan keprihatinan yang mendalam dari pihak berwenang Perancis mengenai situasi Bapak Serge Atlaoui, warga negara Perancis terpidana mati di Indonesia.

Mengingat rasa hormat Perancis akan kedaulatan Indonesia, Bapak Menteri menyatakan Perancis secara tegas menentang hukuman mati, di semua tempat dan dalam keadaan apa pun, dan mengingatkan kembali bahwa situasi tersebut telah diangkat beberapa kali dalam beberapa pekan terakhir oleh otoritas Perancis, termasuk di tingkat tertinggi. Dalam rangka kemitraan yang menyatukan kedua negara, Bapak Menteri menekankan perhatian khusus Perancis menyangkut hak-hak rekan senegara kami.

Bapak Serge Atlaoui telah mengajukan permohonan Peninjauan Kembali (PK) atas hukumannya ke Mahkamah Agung. Pihak berwenang Perancis sangat mendukung agar proses Peninjauan Kembali tersebut dapat berjalan secara adil sesuai dengan Konvensi Internasional Hak Asasi Manusia dimana Indonesia ikut turut ambil bagian di dalamnya. Pemerintah Perancis akan tetap sepenuhnya mengawal situasi Bapak Atlaoui.

Diterbitkan pada 22/06/2015

Kembali ke atas