[Solusi Iklim 3] Untuk akses yang lebih baik terhadap air bersih [fr]

Yayasan Alstom bermitra dengan LSM Energi Bersih Indonesia untuk memasang pompa air tenaga surya, pada tahun 2014, guna mengembangkan jaringan air bersih di daerah Panggang, Gunung Kidul, Yogyakarta.


1. Pulau Jawa di ambang krisis air

Menurut statistik, Indonesia bukan negara miskin air karena memiliki 6% cadangan air dunia dan 21% cadangan air wilayah Asia-Pasifik. Namun, ketersediaan air antar-pulau tidak terbagi secara merata, dan tidak sesuai dengan penyebaran penduduk. Pulau jawa memiliki kurang dari 10% cadangan air padahal 60% penduduk Indonesia tinggal di sana. Sebaliknya, Kalimantan yang memiliki 30% cadangan air penduduknya hanya mencakup 6% dari penduduk Indonesia. Para ahli meramalkan pulau Jawa akan mengalami defisit air sebanyak 134.103 juta meter kubik pada tahun 2014.

JPEG
Peningkatan permintaan akan sumber daya air pada sektor industri dan perkotaan serta peningkatan polusi di berbagai bidang mempercepat terjadinya krisis air yang hanya dapat diatasi dengan kebijakan lintas sektoral dan perencanaan global, pada tingkat lokal, nasional dan regional.

2. Teknologi panel surya untuk membantu penduduk

Mengingat komposisi tanah dan kurangnya sarana serta prasarana yang memadai, wilayah Panggang mengalami kekurangan air yang kronis, terutama pada musim kemarau (dari bulan Mei hingga Oktober). Sebetulnya terdapat sejumlah sumber air di sekitar daerah tersebut namun sumber-sumber tersebut sudah terkena polusi atau kurang dimanfaatkan. Masyarakat setempat harus pergi lebih dari 3 km untuk mendapatkan air bersih atau membelinya dengan harga yang sangat tinggi. Karena penghasilan bulanan yang rata-rata amat rendah (40 €), beberapa keluarga harus mengeluarkan uang hinggal 15 € untuk membeli air minum.

JPEG
Untuk mengatasi permasalahan ini, Yayasan Alstom dan LSM Energi Bersih Indonesia memasang sistem pompa air tenaga surya baru di desa Banyumeneng, yang terletak 60 km dari kota Yogyakarta. Berkat sistem ini, 30 hingga 90 rumah tambahan dapat menikmati distribusi air. Akses terhadap air bersih meningkat berkat pembaharuan sistem pasokan dan penyimpanan air.

JPEG
Pompa air tenaga surya adalah pompa yang digerakkan mesin yang listriknya diperoleh dari panel-panel surya yang menangkap cahaya matahari. Teknologi ini biaya pemeliharaannya rendah (biasanya terbatas pada biaya pembersihan) dan tak memerlukan pasokan bahan bakar dari luar (BBM atau listrik). Umur sistem pompa tenaga surya juga relatif panjang (20 tahun), lebih panjang dari pompa biasa (yang sering kali kurang dari 10 tahun).

JPEG
Yayasan Alstom mendukung proyek-proyek LSM yang memperbaiki kondisi hidup masyarakat melalui pendekatan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Yayasan ini juga terlibat dalam pelestarian dan pembudidayaan bambu untuk mencegah erosi tanah dan melindungi DAS Cisadane dan Ciliwung di Jawa Barat.

JPEG

Data dalam angka :

  • 87% penduduk punya akses yang lebih baik terhadap sumber air
  • 54% penduduk punya akses terhadap sistem sanitasi
  • 70% penggunaan air untuk sektor pertanian

JPEG

Diterbitkan pada 22/10/2015

Kembali ke atas