TV5 MONDE Asie [fr]

Pengumuman dari TV5 MONDE mengenai penghapusan siaran TV5 MONDE Asie di beberapa operator televisi berbayar Indonesia, tanggal 2 Juni 2015.

Kepada para pemirsa TV5 MMONDE di Indonesia.

TV5 MONDE Asia-Pasifik pada akhir pekan lalu mendapat kabar mengenai rumor penghapusan siaran TV5 Monde Asie di beberapa operator televisi berbayar Indonesia. Dari salah satu operator kami di Indonesia yang kami hubungi kami berhasil mendapatkan surat edaran yang dikeluarkan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Surat edaran tersebut dilayangkan ke seluruh lembaga penyiaran berlangganan di Indonesia beberapa hari lalu. Pihak TV5MONDE sendiri tidak pernah menerima pemberitahuan sebelumnya. Dalam edaran tersebut lembaga-lembaga penyiaran diminta untuk mengambil tindakan yang diperlukan yakni dengan melakukan sensor internal sebelum menayangkan program-program siaran TV5MONDE, atau jika hal itu tak memungkinkan, dengan tidak menayangkan program siaran yang dianggap pihak berwenang melanggar nilai-nilai kepatutan.

Sayangnya lembaga-lembaga penyiaran tersebut pada umumnya tidak memiliki kapasitas, baik dari segi personil maupun dari segi teknis untuk melakukan sensor internal dan bertanggungjawab terhadap hukum terkait dengan konten yang ditayangkan melalui jaringan mereka. Jika tidak melakukan penyensoran, maka mereka dapat dikenai denda yang amat besar. Oleh karena itu, saat ini sejumlah operator memilih untuk menghapus sama sekali kanal TV5MONDE dari program penyiaran mereka.

Apabila TV5MONDE mengambil kebijakan untuk memperhatikan isu-isu yang dianggap sensitif di negara-negara yang menayangkan program siarannya, sepertinya tak mungkin bagi kami untuk memeriksa apakah keseluruh program tayangan kami sudah memenuhi norma kepatutan (termasuk tayangan berita) dan sesuai sepenuhnya dengan peraturan Indonesia.

Mengingat surat edaran tersebut tidak ditujukan kepada kami, dan mengingat bahwa kami tidak mengetahui alasan dari keputusan tersebut, maka sulit bagi kami untuk menghentikan sensor terhadap program-program siaran kami. Namun demikian, saat ini kami berusaha, atas kesepakatan dengan perwakilan diplomatik negara-negara mitra TV5MONDE di Jakarta, untuk mencari cara mengatasi masalah ini, namun sayangnya tidak ada jaminan bahwa upaya kami ini akan berhasil.

Saat ini kami hanya dapat menyarankan untuk mengikuti program-program tayangan kami di internet melalui sistem penayangan daring kami yang terbaru TV5MONDE+ (Anda dapat menonton secara langsung program-program TV5MONDE ASIE, TV5MONDE Info maupun TV5MONDE Style, program terbaru kami tentang gaya hidup). Untuk keterangan lebih lanjut, Anda dapat secara langsung mengakses situs web kami dengan cara mengklik tautan berikut ini : https://asia.tv5monde.com/Plus/Discover.aspx?lang=fr-FR

Kami mengucapkan terima kasih atas pengertian dan dukungan Anda dan selalu siap untuk memberikan informasi-informasi yang Anda perlukan.

Tim TV5MONDE Asia-Pasifik


GIF
Kedutaan Besar Perancis di Indonesia mendukung sepenuhnya upaya penyelesaian masalah ini dan mengikuti dengan seksama perkembangannya. Bagian-bagian Kedutaan mengadakan kontak secara berkala dengan para petinggi TV5MONDE.

GIF

Diterbitkan pada 23/07/2015

Kembali ke atas