Timor Leste : Pelatihan Instruktur Korps Pengamanan Gedung-gedung Pemerintah

Sesi pelatihan bagi para instruktur Korps Pengamanan Sipil Timor Leste (DNSEP), yang diberikan oleh para ahli Perancis yang diperbantukan pada Departemen Keamanan Kementerian Dalam Negeri Prancis (SSMI) dan Departemen Pengamanan VVIP/VIP (SPHP) telah berakhir pada tanggal 10 Desember 2010 lalu.
Ahli perancis dan instruktur DNSEP - JPEG

Program ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme DNSEP, melalui tiga program pelatihan bagi para instruktur dan personil keamanan, serta untuk mendukung pelatihan staf wanita, sesuai dengan norma-norma demokrasi dan hak asasi manusia. DNSEP merupakan badan keamanan Pemerintah Timor Leste yang bertanggung jawab atas perlindungan gedung-gedung pemerintah, audit keamanan, dan regulasi perusahaan keamanan swasta.
Para petugas DNSEP tengah Beraksi © UNMIT / Martine Perret - JPEG

Dari tahun 2008 hingga 2010, para pakar Perancis telah menuntaskan pelatihan bagi empat puluh instruktur dan hampir seratus personil keamanan yang ditugasi melindungi objek vital, termasuk Istana Kepresidenan, Gedung Pemerintahan, maupun Bandara Internasional Nicolau Lobato. Para ahli Perancis juga telah mengembangkan panduan pelatihan dan program standar pelatihan dan evaluasi staf baru DNSEP.
JPEG

Pada upacara penutupan program pelatihan yang berlangsung tanggal 10 Desember 2010 lalu, Menteri Negara Bidang Keamanan, Dr Francisco Gutterres, dengan hangat mengucapkan terima kasih kepada Perancis, atas dukungannya terhadap demokrasi Timor yang masih berusia muda, melalui program pelatihan instruktur DNSEP tersebut.
Menteri Negara untuk Keamanan berterima kasih kepada para ahli Perancis - JPEG

Bapak Jean-Philippe Roth, Atase Keamanan Dalam Negeri Perancis, yang mewakili Duta Besar Perancis, Bapak Philippe Zeller, mengucapkan selamat kepada DNSEP atas keberhasilan yang telah diraih para personilnya, dalam kerjasamanya dengan para ahli Perancis.
Atase Keamanan Dalam Negeri memberi selamat kepada para instruktur baru DNSEP - JPEG

Program pelatihan itu terselenggara atas permintaan Pemerintah Timor Leste, dalam rangka program kerjasama bidang keamanan antara UNDP dan Misi Terpadu PBB di Timor Leste, yang didanai oleh Uni Eropa (Instrumen Stabilitas), Kedutaan Besar Perancis di Jakarta, dan UNDP.

Diterbitkan pada 09/02/2012

Kembali ke atas