Timor-Leste : Peluncuran Pameran “Budaya Kemak dari Marobo: Masa lalu dan dan Saat ini” 11 Januari 2013

JPEG Asosiasi Timor Aid, mitra Institut Prancis Indonesia dan Timor-Leste, menyelenggarakan peluncuran pameran budaya masyarakat Kemak dari Marobo pada tanggal 11 Januari 2013 di Balaikota Distrik Maliana, yang terletak di bagian Barat Timor Leste.

Pameran tersebut dibuka oleh Ibu Maria Isabel de Jesus Ximenes, Menteri Seni dan Budaya Timor-Leste, dan dihadiri oleh Gubernur Distrik Bobonaro, masyarakat Kemak dari Marobo, dan sejumlah perwakilan Kedutaan Besar seperti Prancis, Amerika, Australia dan Indonesia.

JPEG
Marobo terkenal berkat sumber air panas dan ‘tais’-nya, salah satu kain tenun tradisional Timor Leste yang terindah. Daerah ini akan memegang peranan penting dalam pembangunan sektor wisata, salah satu sektor prioritas pembangunan di negara yang masih muda ini. Antropolog Prancis Brigitte Clamagirand pernah menetap dalam waktu lama di tengah masyarakat Kemak, antara tahun 1966 dan 1970. Ia membuat dokumentasi budaya dan adat istiadat orang Kemak secara rinci, terutama seni tenunnya. Hasil karya dan hubungannya dengan masyarakat Kemak terputus saat Indonesia menduduki Timor pada tahun 1975.

JPEG Pameran ini merupakan hasil dialog antara Asosiasi Timor Aid dan masyarakat Kemak. Tujuan dari kegiatan itu adalah untuk lebih memahahami dampak kunjungan antropolog Prancis tersebut dan bagaimana budaya Kemak berkembang menyusul pendudukan Indonesia dan sejak kemerdekaan Timor Leste.

Pameran menampilkan foto-foto dan rekaman suara yang dibuat oleh Ibu Clamagirand, foto-foto yang lebih baru, produk tekstil, serta benda-benda budaya lainnya dari berbagai koleksi milik Timor Aid, Alola Foundation, Pemerintah Daerah Bobonaro dan Museum Nasional Timor-Leste.

JPEG
Pameran tersebut didukung oleh Institut Prancis Indonesia dan Timor-Leste, Uni Eropa, Kedutaan Amerika di Dili, dan diselenggarakan atas kerjasama dengan Kementerian Seni dan Budaya Timor, Alola Foundation, dan Tropenmuseum Amsterdam. Pameran akan digelar di Dili pada bulan Mei 2013, kemudian di Sidney pada akhir tahun 2013.
JPEG

GIF
Tautan:

Timor Aid

Diterbitkan pada 22/01/2013

Kembali ke atas