Kunjungan Kelompok Persahabatan Perancis - Indonesia – Timor Leste Sénat Perancis (DPD), 16 – 26 September 2013

Ibu Corinne Breuzé, Duta Besar Perancis, dikelilingi oleh delegasi kelompok persahabatan Perancis - Indonesia dari Sénat Republik Perancis. - JPEG

Kelompok Persahabatan Perancis-Indonesia-Timor Leste Sénat Perancis (Dewan Perwakilan Daerah) yang dipimpin oleh ketua kelompok, Ibu Catherine PROCACCIA, baru saja melakukan lawatan ke Dili, Bali, Yogyakarta dan Jakarta. Untuk pertama kalinya Kelompok Persahabatan ini melakukan kunjungan ke Timor Leste. Keempat senator yang menjadi anggota rombongan tersebut di antaranya bertemu dengan Menteri Luar Negeri dan Ketua Parlemen Timor Leste, serta para perwakilan UNDP dan Bank Dunia. Mereka juga menyaksikan kegiatan sejumlah LSM secara langsung di lapangan.

Tahapan kedua lawatan ini berlangsung di Bali, yang ditandai dengan kunjungan ke instalasi khusus pengolahan air bersih dan beberapa pertemuan dengan masyarakat Perancis. Di Yogyakarta, Kelompok Persahabatan diterima oleh Sultan, kemudian oleh Wakil Rektor Universitas Negeri Yogyakarta.

JPEG
Di Jakarta, para senator bertemu dengan Stah Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Mereka disambut hangat oleh sejumlah anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD) dan para mitra mereka dari Kelompok Persahabatan Indonesia – Perancis, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI).

Kunjungan sepuluh hari yang merupakan ajang penjajakan prospek berbagai kerjasama baru tersebut menandai peningkatan hubungan bilateral Perancis-Indonesia. Kunjungan ke Timor Leste untuk pertama kalinya memungkinkan tumbuhnya saling pengertian Perancis dan Timor Leste yang lebih baik, yang merupakan syarat penting bagi terjalinnya hubungan antara kedua negara secara lebih mendalam.

Diterbitkan pada 24/10/2013

Kembali ke atas