Workshop dan Seminar Ilmiah dalam Rangka Menyambut Konferensi PBB tentang Perubahan Iklim (COP 21) Bulan Maret 2015 [fr]

JPEG
Seminar Kerjasama Ilmiah dan Teknologi Maritim Perancis-Indonesia
di IFI Jakarta, 11 Maret 2015

Program pemerintah Indonesia untuk kembali mengembangkan kemaritiman dan kelautan di tanah air, mendapat perhatian pemerintah Perancis. Untuk itu institusi di kedua negara tersebut sepakat dengan projek penelitian dan riset di bidang kelautan. Hadir sebagai pembicara utama, Dr. Ir. Safri Burhanuddin, DEA dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia. Seminar untuk membahas potensi-potensi kerjasama ilimah dan teknik antara Indonesia dan Perancis dalam bidang kelautan ini hadiri berbagai instansi Indonesia antara lain ITB, ITS, UGM, UNSOED, UNDIP, UNHAS, LIPI, CLS Argos dan instansi Perancis antara lain CLS Argos, IRD, CIRAD, CNRS, Université de la Rochelle dan Université de Toulouse.

GIF
Workshop “Environmentally friendly technologies for reducing and controlling the GHG emissions from human activities”
di IFI Jakarta, 11-12 Maret 2015

IFI bekerjasama dengan BPPT, UI dan Institut Mines-Telecom Perancis, menyelenggarakan workshop bertema teknologi ramah lingkungan untuk mengurangi dan mengontrol emisi GHG dari aktivitas manusia. Pakar Perancis Prof. Yves Andres dari Institut Mines-Telecom Nantes hadir memimpin diskusi yang diawali dengan presentasi dari pakar Perancis lainnya dan pakar teknologi lingkungan antara lain Ing-Dr. M. Abdul Kholiq (BPPT) dan Dr. Cindy Rianti Priadi (UI).

GIF
Workshop “Climate Change and Water Engineering”
di LIPI Jakarta, 12-13 Maret 2015

IFI bekerjasama dengan International Center for Interdisciplinary and Advanced Research, the Indonesian Institute of Sciences (ICIAR-LIPI) menyelenggarakan workshop “Climate change and water engineering” di Gedung LIPI Jakarta pada 12-13 Maret 2015.

Dampak pemanasan global yang semakin kita rasakan, baik berupa kekeringan maupun banjir yang semakin ekstrem menjadi dasar perlunya workshop ini diadakan. Inilah wadah diseminasi hasil riset terutama terkait pengembangan manajemen hidrolik di kawasan perkotaan.

Selain dilandasi oleh keinginan memberikan sumbangsih pemikiran bagi COP21, workshop ini juga ditujukan untuk memperkuat jembatan kerjasama antar peneliti Indonesia-Perancis dalam bentuk program riset bersama dan penulisan disertasi. Salah satu pembicara dari Ecole Centrale de Lyon, Prof. Bernard Cambou akan membahas tema hidrolik perkotaan dan permasalahan banjir yang semakin ekstensif di masa depan. Selain itu akan hadir sebagai pemakalah, peneliti dari lembaga riset nasional Perancis CNRS dan CIRAD. Indonesia diwakili oleh peneliti LIPI, UI, IPB, ITB dan Unpad. Salah seorang pemakalah, Dr. Deny Hidayati, Deputi Ilmu Sosial LIPI, akan menampilkan hasil risetnya mengenai Dampak Perubahan Iklim dan Banjir pada Rakyat Miskin Kota.

GIF
Workshop “Genomics and Beyond”
di USU Medan, 12-13 Maret 2015

IFI bekerjasama dengan USU Medan menggelar workshop dengan tema “Genomics and Beyond” di kampus USU Medan pada 12-13 Maret 2015 dengan menghadirkan pakar biokimia Perancis, Profesor Gérard Mauco.

GIF
Seminar “Smart Cities and Smart Grid”
di ITB Bandung, 30 Maret-3 April 2015

Diinisiasi oleh Peneliti Senior CNRS dan Kepala Laboratorium Plasma dan Konversi Energi, Dr. C. Laurent dan Pr N Sinisuka dan Institut Teknologi Bandung (ITB), seminar “Smart Cities and Smart Grid” ini merupakan proyek rintisan Indonesia-Perancis untuk membuka kerjasama dalam berbagai bentuk, antara lain program pertukaran mahasiswa tingkat Master antara Toulouse dan Bandung, kerjasama antar ilmuwan Teknik Elektro dan kerjasama dalam riset-riset inovatif berkonsep “Smart Cities and Smart Grids”.

GIF
JPEG

Diterbitkan pada 11/06/2015

Kembali ke atas