Kesepakatan Hibah Perancis - Indonesia untuk Perumusan Rencana Induk Transportasi Terpadu Wilayah Metropolitan Bandung

Pada hari Rabu tanggal 15 Juli 2009, Direktur Jenderal Pengelolaan Utang Departemen Keuangan Republik Indonesia, Bapak Rahmat Waluyanto, dan Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Bapak Philippe Zeller, telah menandatangani kesepakatan hibah terkait dengan pelayanan konsultasi dalam perumusan rencana induk transportasi terpadu wilayah metropolitan Bandung. Dana yang tersedia dalam kerangka hibah ini dapat mencapai 690 000 EUR (sekitar 10 milyar rupiah atau 1 juta dolar AS).

Sistem transportasi umum yang cerdas diakui secara luas sebagai salah satu vektor pembangunan berkelanjutan, pengurangan polusi, pemberantasan kemiskinan dan peningkatan kualitas hidup. Proyek tersebut bertujuan untuk merumuskan sebuah paket yang terdiri dari kebijakan transportasi perkotaan yang terinci, strategi dan rencana induk sistem transportasi menyeluruh di wilayah Metropolitian Bandung, dan untuk mempersiapkan rencana aksi yang terkait dengan pengembangan transportasi perkotaan seperti misalnya pembangunan infrastruktur, pengelolaan dan pengoperasian angkutan umum, dan penataan kelembagaan.

JPEG
Proyek tersebut akan dilaksanakan oleh perusahaan konsultan terkenal Perancis SNCF International, di bawah kewenangan Departemen Perhubungan/Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, bekerjasama erat dengan wilayah Jawa Barat, dinas perhubungan daerah, BAPPEDA, Kota Bandung, kotamadya dan kabupaten di wilayah metropolitan Bandung, dan semua pemangku kepentingan, mulai dari masyarakat sipil hingga perusahaan angkutan dan perhimpunan profesi. Perusahaan konsultan akan melibatkan para ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Hibah ini berasal dari Fasilitas Negara-Negara Berkembang (FASEP – Dana Kajian dan Bantuan untuk Sektor Swasta) yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Kebijakan Anggaran dan Ekonomi, Kementerian Ekonomi, Industri dan Tenaga Kerja Perancis. Fasilitas tersebut terutama ditujukan untuk memberikan bantuan keuangan bagi persiapan proyek-proyek infrastruktur yang terkait dengan sektor transportasi, pengelolaan air, jasa, dan energi. Hibah ini termasuk bantuan pembangunan resmi Perancis kepada Indonesia.

Kontak : Michel Drobniak – Konselor Ekonomi dan Perdagangan – Kedutaan besar Perancis

Telp. : 021 25988100
michel.drobniak@missioneco.org

Diterbitkan pada 21/07/2009

Kembali ke atas